News Update :

WiFi untuk Sekolah di Indonesia

6/22/2013





Karena pertumbuhan internet di dunia ini semakin berkembang pesat dalam waktu yang sangat cepat pula, maka penyedia layanan broadband di Indonesia terus berinovasi baik dari sisi teknologi maupun servicenya. Salah satunya adalah Telkom sebagai salah satu operator BUMN akan kembali melakukan inovasi service internet dengan menggelar jaringan berbentuk WiFi untuk public maupun untuk sekolah – sekolah yang ada di seluruh Indonesia melalui program Indonesia WiFi ( @WiFi.id ). Hingga saat ini, Telkom telah menggelar jaringan WiFi untuk area public mencapai 40 rb Access Point dengan kapasitas bandwith per hari 11,4 Tb. Sementara untuk sekolah – sekolah yang ada di Indonesia ingin mentargetkan hingga mencapai 100 rb Access Point yang akan ditetapkan pada tahun 2013 ini.


Kapasitas jaringan WiFi ini memiliki kapasitas traffic durasi per session sekitar 116, 47 menit per session dan volume per session 40,7 Mb dengan 300 rb hit per hari. Didukung oleh backbone optic, sehingga siswa – siswi maupun para guru dapat menikmati akses internet dengan kecepatan sampai 2 Mbps bahkan lebih. Indischool singakatan dari Indonesia Digital School yaitu akses internet via WiFi yang dipersembahkan oleh PT. Telkom Indonesia untuk sekolah – sekolah di seluruh Indonesia. Indischool merupakan layanan WiFi terbaru yang dikeluarkan oleh PT. Telkom dalam mengembangkan layanan internet berbasis teknologi WiFi untuk komunitas sekolah. Indischool merupakan bagian dari rencana PT. Telkom untuk memonetisasi Indiso ( Indonesia Digital Society ). Dengan adanya dukungan investasi dana sekitar Rp. 1,5 triliun, PT. Telkom akan berencana membangun WiFi di 100 rb sekolah yang akan ditargetkan selesai di tahun 2013 ini.


PT. Telkom memperkirakan biaya pembangunan WiFi untuk sekolah di seluruh Indonesia antara Rp. 10 jt – Rp. 15 jt. Direktur Enterprise dan Wholesale Telkom, Muhammad Awaluddin mengatakan, “ secara nasional PT. Telkom telah membangun WiFi Indischool sebanyak 10,9% dari target 100 rb dimana 57% diantaranya merupakan bagian dari program Indischool di wilayah Jakarta” . Sementara itu, average volume yang akan digunakan oleh pengguna Indischool sekitar 3.875 Gb/hari, naik dari 1.133 Gb di bulan sebelumnya. Seperti yang sudah diinfokan oleh PT. Telkom rencananya akan segera meluncurkan Indonesia Cloud of Knowledge di bulan Juni. Strategi dari PT. Telkom mengembangkan Indischool melalui 3C yakni Connectivity, Content, dan Community.
Share this Article on :

0 komentar :

Poskan Komentar

 

© Copyright Imad Indi Sidoarjo | Indischool Sidoarjo 2013 | Prestasi Bukan Suatu Kebetulan Terus Berusaha | Blog Imad Inspirasi Tiada Henti | Kita Harus Sukses Sukses .