News Update :

TIPS KEGIATAN DI BULAN RAMADHAN

7/11/2013






1. Memilih Olahraga Yang Tepat

Pagi Hari Setelah Sahur



Jika Anda memilih waktu berolahraga di pagi hari setelah sahur, maka pilihlan jenis olahraga yang ringan. Anda bisa joging, bersepeda, jalan cepat, yoga, atau body balance. Berolahragalah selama 30-45 menit.

Sore Hari Menjelang Berbuka



Jika Anda merasa fit dan memilih waktu berolahraga di sore hari yang intensitasnya lebih tinggi, Anda bisa melakukan latihan kardio dikombinasi dengan sedikit latihan beban, lari, senam dansa, pilates, renang selama 30 hingga 60 menit sebelum berbuka. Ada yang ngga tau apa itu pilates? Sama, ane juga gatau

2. Perhatikan Asupan 

Konsumsilah makanan tinggi protein dan kaya serat karena jenis makanan ini menyimpan energi lebih lama. Anda tidak mudah merasa lapar. Tidak mudah lelah saat Anda harus berolahraga di saat berpuasa. Misalnya, mulailah sahur dengan jus sayuran hijau: bayam, batang seledri, air jeruk lemon, nanas, dan madu. Baru minum teh manis panas atau susu. Telur rebus, kacang-kacangan dan sayuran pastikan ada dalam daftar menu sahur Anda. Lengkapi dengan konsumsi vitamin (vitamin C, E, dan minyak ikan). 
Sore hari, setelah berolahraga, berbukalah dengan makanan segar menyehatkan. Misalnya memasukkan daftar kombinasi jus segar dalam menu berbuka Anda. Ganti kebiasaan mengonsumsi gorengan saat berbuka.
3. Hati-hati dan Dengarkan Tubuh Anda
Ada baiknya sebelum berolahraga, kenali dengan baik kondisi tubuh Anda hari itu. Bagaimana tekanan darah Anda, denyut nadi, suhu tubuh, semua harus terukur secara obyektif. Anda yang paling tahu kondisi tubuh Anda. Jangan terlalu memaksakan diri berolahraga jika memang tubuh terasa tidak fit.
4. Tidur Cukup



Atur waktu tidur Anda dengan baik. Umumnya saat berpuasa waktu tidur menjadi berkurang. Saat berpuasa, Anda harus bangun pukul 3 pagi menyiapkan sahur. Padahal dibutuhkan tidur cukup minimal 6 jam, jika ingin melakukan aktivitas olahraga. Untuk menyiasatinya maka tidurlah lebih cepat di malam hari. Atur waktu secermat mungkin sehingga waktu tidur Anda mencukupi 6-8 jam.

SUMBER: 
http://www.kaskus.co.id/thread/51d9b8f78027cf6215000001
Share this Article on :

0 komentar :

Posting Komentar

 

© Copyright Imad Indi Sidoarjo | Indischool Sidoarjo 2013 | Prestasi Bukan Suatu Kebetulan Terus Berusaha | Blog Imad Inspirasi Tiada Henti | Kita Harus Sukses Sukses .